Lompat ke konten

Mengembalikan file yang terhapus dengan Recuva

  • oleh
recuva-banner

Pernahkah kalian mengalami kehilangan file penting karena secara tidak sengaja terhapus, atau terkena virus yang menghapus file di dalam flashdik kalian ? mungkin akan merepotkan karena file tersebut sangat penting, seperti misalnya tugas sekolah, laporan, atau bahkan bahan untuk kegiatan penelitian kalian !

tapi jangan terlalu khawatir, karena ada kemungkinan data-data tersebut masih dapat terselamatkan dan kembali seperti sedia kala, yaitu menggunakan software yang disebut File Recovery.

Ada banyak software yang dapat digunakan untuk mengembalikan data-data, akan tetapi saya akan menggunakan Recuva pada tutorial ini karena selain tampilan interfacenya yang simple, aplikasi ini juga sangat mudah untuk digunakan bagi yang pertamakali menggunakan aplikasi file recovery.

Sebelum kita lanjut ke tutorialnya, alangkah baiknya kita mempelajari dulu cara kerja dari software File Recovery ini serta syarat-syarat yang dibutuhkannya.

Cara kerja dan syarat-syarat Software File Recovery

Cara kerja software recovery, seperti recuva ini adalah dengan melakukan scanning terhadap sektor block didalam flashdisk/hardisk, jika ditemukan masih terdapat file terhapus yang masih disimpan di sektor block maka File Recovery ini akan mengambil kembali data tersebut dan mengembalikannya seperti sediakala.

masalah akan timbul ketika Block Sector yang berisi file terhapus, tertimpa dengan data-data yang dimasukkan kedalam flashdisk kita. jika block sector sudah tertimpa maka akan mustahil untuk mengembalikan file tersebut seperti sediakala, atau bahkan tidak dapat dikembalikan sama sekali. untuk itu hasil file recovery terbagi menjadi 3 yaitu:

  • Fully Recovered(Dapat dikembalikan secara sempurna)
  • Partially Recovered(Hanya dapat dikembalikan sebagian datanya)
  • Cannot Recovered(Tidak dapat dikembalikan karena file di block sector sudah tertimpa dengan file lain)

untuk itu, tips untuk kalian adalah ketika data kalian ada yang terhapus, segeralah cepat-cepat cepat di recovery. jika tidak bisa dengan segera, maka flashdisk kalian wajib jangan diisi data apapun sebelum data yang hilang kalian recovery dengan aplikasi ini. hal ini bertujuan untuk meningkatkan peluang kembalinya file kalian menjadi lebih besar dan data dapat kembali dengan sempurna.

Untuk syarat syaratnya cukuplah simple, yaitu sebagai berikut:

  • Sebuah flashdisk yang datanya ingin kalian recovery
  • Komputer/Laptop yang terinstall Recuva didalamnya
  • Doa & Keberuntungan

Langkah-langkah mengembalikan file yang terhapus dengan Recuva

  • Unduh dan install aplikasi recuva. kamu dapat mendownloadnya di sini
  • Buka aplikasinya, ketika pertama kali membuka aplikasinya akan disuguhkan dengan welcome interface. kalian bisa klik next. jika tidak mau melihat halaman itu bisa dicentang “Do not Show this wizard on startup”
  • lalu kalian pilih, jenis file apa yang ingin kalian recovery. dapat dicentang yang All Files jika kalian mau recovery semua datannya, setelah itu klik next.
  • Pilih dimana lokasi dimana data yang hilang itu berada, pilih “in specific location” dan cari partisi flashdisk kamu. setelah itu klik next
  • Recuva telah siap untuk melakukan pencarian data kamu yang terhapus, sebelum itu jangan lupa centang “enable Deep Scan”. fungsinya untuk mencari data kamu secara mendalam, walaupun cukup lama tetapi sangat ampuh untuk mencari data kamu yang terhapus secara keseluruhannya. setelah itu klik next
  • setelah itu tunggu hingga 10-30 menit tergantung besar flashdisk mu dan berapa banyak data yang ditemukkan recuva. nanti akan muncul interface berisi data-data yang pernah terhapus didalam flashdisk kamu. disamping nama-nama file nya juga terdapat bulatan kecil berwarna, dengan keterangan warna sebagai berikut:

Merah: Data sudah tidak dapat dikembalikkan lagi (Tertimpa dengan data lain)

Kuning: Data hanya dapat dikembalikkan sebagiannya

Hijau: Data dapat dikembalikkan secara keseluruhannya.

Hasil Recuva

klik kotak putih untuk dicentang data mana-mana saja yang ingin kalian recovery. setelah itu klik “Recover”. lalu pilih tempat untuk menyimpan data tersebut, maka data tersebut akan kembali lagi setelah dulu terhapus didalam flashdiskmu, selamat mencoba…!